Selasa, 14 Maret 2017

Jalin Kerjasama Lintas Sektor dengan Gowes Bersama Kunjungi Kepala Desa




Kerjasama lintas sektor menjadi poin yang sangat penting untuk dilakukan untuk mensukseskan semua program dan kegiatan yang ada. Terlebih pada era Akreditasi Puskesmas yang menjadi ujung tombak penilaian pokja UKM. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mensukseskannya. Stake holder masing-masing instansi terkait harus terangkul bersama dan berkomitmen mendukung.

Tujuan dari kerjasama lintas sektor  adalah untuk menggalang kerjasama dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan untuk meningkatkan program pembinaan pembangunaan bidang kesehatan masing-masing sektor. Mengetahui peran masing-masing sektor dan saling mendukung untuk melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan, merumuskan kerja sama pembinaan pembangunan dalam bidang kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing.

 
Puskesmas Pasirian mengadobsi usaha yang dilakukan oleh Puskesmas Gesang yakni gowes bersama dan melakukan PSN tiap minggu. Sedikit berbeda dengan yang dilakukan Puskesmas Gesang, Puskesmas Pasirian memodifikasinya dengan melakukan kunjungan pada balita gizi buruk dengan memberikan penyuluhan pada keluarga dan memberikan PMT. Sekedar informasi, bahwa di Wilayah Kerja Puskesmas Pasirian balita gizi buruknya tertinggi di Kabupaten Lumajang :(

Kerjasama lintas sektor dengan metode tersebut lebih mengena, karena desain kegiatannya santai dan tidak terlalu serius. Harapannya kerjasama yang dilakukan ini bisa terjalin dengan baik dan terus-menerus. Kepala Puskesmas Pasirian dr. Miftachul Ulum berkomitmen untuk melakukan kerjasama tersebut dengan berkesinambungan.

Pertama dimulai dengan mengunjungi Desa Madurejo pada hari Jumat, 10 Maret 2017. Kepala Desa Madurejo Bapak Sunasip mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliau mengatakan bahwa dengan begitu, pihak puskesmas dan desa bisa lebih dekat. Kedepan akan lebih banyak kegiatan yang dapat merekatkan antara puskesmas dan desa.



Setelah puas berkeliling Pasirian, dilanjutkan dengan sarapan bersama. Menu spesial yang disiapkan oleh Abah Akhmad Yani, Amd.Kep., yakni Ansi jangung...
Waaw mantappp mator sakalangkong bah...
(mr_bas#promkes_puspa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar